KB PII & Kader PII Sumatera Barat; Bersama Ajo Melawan Corona

Bersama Ajo Melawan Corona

Oleh : Adel Wahidi, Asisten Ombudsman RI Perwakilan Sumbar

Langgam.id (3/4/20) “Mereka ibuk-ibuk, saya tidak minta mereka bekerja terlalu lelah, sesuai dengan yang mereka mampu saja, karena ini bukan tugas mereka saja. Tapi bagaimana lagi? Tenaga medis tak punya Alat Pelindung Diri (APD), jumlah mereka juga terbatas” kata Seniman asal Pariaman, Ajo Wayoik, sembari terisak dalam video yang diunggah di facebooknya, tanggal 2 Maret 2020.

Di ujung video itu tertulis “Tu ka maa Pemerintah/Pemda? Jan tanyo ka awak”, “Lalu Pemerintah/Pemda mana? Jangan tanya kepada saya”. Ajo Wayoik agaknya, sangat menyesalkan lambannya kerja pemerintah dalam melindungi tenaga medis yang sering disebut sebagai garda terdepan dalam penanganan wabah Covid-19 ini.

Kegelisan Ajo, sebagaimana kegelisahan banyak pihak lain, bukan tak berdasar, data menunjukkan Indonesia sudah mengalahkan Tiongkok. Di lihat dari segi jumlah dokter yang meninggal karena Covid-19, di Tiongkok dengan jumlah penderita 82.000 orang, dokter yang meninggal hanya 6 orang saja. Di Indonesia, dengan jumlah pasien 1.700 orang, tenaga medis yang meninggal 17 orang. Negeri Jiran kita, Malasyia dengan penderita 3000 orang lebih, dokter yang meninggal hanya satu orang. Demikian sementara, kapasitas kita dalam melindungi tenaga medis. Selengkapnya…

Tinggalkan Balasan